Kabar Ponorogo

Yoloooo Wes Pada Ngopi Belum? Ini Teori Dasar Soal Arabica Robusta Kopi yang Populer

Jangan ngomong pecinta kopi kalau gak tahu teori dasar soal Arabica Robusta. Dari berbagai sumber, berikut rangkumantentang 5 hal dasar yang paling mudah digunakan untuk membedakan antara kopi Robusta dan Arabika.

1. Ukuran Biji Kopi

Biji kopi Arabica lebih besar dan cenderung berbentuk lonjong, sedangkan biji kopi Robusta berbentuk lebih bulat.

2. Ketinggian tempat tanam

Kopi Arabika (Coffea arabica) tumbuh di daerah dengan ketinggian 700-1.700 mdpl dengan suhu 16-20°C. Sedangkan kopi Robusta bisa tumbuh dan hidup di daerah dengan ketinggian 400-700 mdpl dengan temperatur 21-24°C.

3. Aroma

Kopi Arabica memiliki aroma wangi mirip aroma percampuran bunga dan buah, sedangkan Kopi Robusta memiliki aroma manis yang khas.

4. Cita rasa

Kopi Arabica dikenal dengan jenis kopi yang bercita rasa asam yang tidak dimiliki oleh kopi Robusta. Arabica juga memiliki tekstur yang halus, sehingga lebih kental di mulut. Kopi Arabica juga lebih pahit dibanding kopi Robusta. Kopi Robusta memiliki tekstur yang sedikit lebih kasar di lidah, dan rasanya lebih manis seperti cokelat.

5. Kadar kafein

Biji kopi Arabica memiliki kandungan kafein yang lebih rendah dibandingkan biji kopi Robusta. Kadar kafein pada kopi Arabica sebesar 1,2%, sedangkan kadar kafein pada biji kopi Robusta sebesar 2,2%.

Sudahkah kamu ngopi hari ini? Kalau kamu lebih suka Robusta apa Arabica?

View more comments +
    Channel
    Berita Paling Populer
      Teman saran
      arrow